Rabu, 28 Agustus 2013

Apa yang dimaksud dengan Computer Assisted Test (CAT)

Mangun 1 ~ Berdasarkan informasi dari berbagai sumber bahwa untuk sistem rekrutmen dan seleksi tes CPNS  tahun 2013 (baca juga kisi kisi soal tes CPNS 2013) menggunakan sistem computer assisted test atau disingkat CAT. Menurut penjelasan dari bkn bahwa Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Sesuai dengan penjelasan dari bkn tersebut maka kami akan mengulas sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan Computer Assisted Test (CAT).

Computer Assisted Test merupakan sebuah model penilaian di mana kandidat atau pelaku tes menjawab pertanyaan atau menyelesaikan latihan yang merupakan bagian dari sebuah program komputer. Pada situasi umum, tes komputer juga menyertakan penilaian otomatis (automatic scoring). Nilai otomatis akan muncul ketika terdapat beberapa jawaban yang benar, seperti pada model ujian multiple choice (pilihan ganda).

Ketika jawaban pendek (short answer) dan pertanyaan essay disertakan di dalam computer assisted test, penilai biasanya membaca jawaban dan memasukkan nilai ke dalam database. Computer Assisted Test digunakan untuk ujian terstandarisasi (standardized test), untuk penilaian psikologi atau kemampuan, ujian di dalam kelas, dan bahkan dapat digunakan oleh seseorang yang ingin menguji kemampuan dirinya sendiri.

Orang-orang yang mendukung pengguna computer assisted test percaya bahwa metode pengujian ini dapat membuat pengolahan dan pencatatan nilai menjadi lebih mudah baik untuk peserta ujian maupun untuk instruktur. Seseorang yang telah mengikuti ujian dapat memperoleh nilai secara cepat, dan instruktur pun tidak perlu melakukan perhitungan nilai secara manual karena komputer telah melakukannya secara otomatis. Namun terkadang, orang yang memiliki perbedaan cara pembelajaran dan pengolahan informasi dapat merasa kesulitan ketika menggunakan computer assisted test.

Saat ini, penggunaan computer assisted test pun cukup marak digunakan dalam dunia perusahaan. Khususnya adalah pada proses rekrutmen, di mana pelamar diuji dan hasil dari tahapan ujian tersebut dapat dengan cepat diperoleh.

Comments
0 Comments
Powered by Admin SDN Mangundikaran 1 Nganjuk

0 komentar :

Posting Komentar